Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN METODE DIRECT TEACHING MATERI REM DI SMK TAMAN KARYA MADYA TEKNIK KEBUMEN

Show simple item record

dc.contributor.author Amin, Sutikno
dc.date.accessioned 2020-01-12T14:09:24Z
dc.date.available 2020-01-12T14:09:24Z
dc.date.issued 2019-09-01
dc.identifier.citation Suyitno, S., Widianto, I., & binti Masrul, S. (2018). Development of Learning Media for the Course of Two-Stroke Gasoline Motors to Improve Students’ Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 24(1), 83-90. Suyitno, S., & Pardjono, P. (2018). Integrated work-based learning (I-WBL) model development in light vehicle engineering competency of vocational high school. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(1), 1-11. Suyitno, S. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pengukuran Teknik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23(1), 101-109. Suyitno, S. (2019). Design of Hydraulic Operated Clutch on Typical Motorcycle. Automotive Experiences, 2(2), 41-46. Suyitno, S., & Jatmoko, D. (2019). Analysis of Industrial Practice Problems in Automotive Students. TAMAN VOKASI, 7(2), 22-26. Suyitno, M., Pardjono, M., & Sofyan, H. (2017, September). Implemantation of Integrated Work-Based Learning Model to Prepare Human Resource of Automative in ASEAN Economic Comunity. In International Conference on Technology and Vocational Teachers (ICTVT 2017). Atlantis Press. Suyitno, S., & Ciputra, A. (2017, November). Development of Media Camtasia Studio on Learning Outcomes Computer Aided Design Automotive Engineering Student in Purworejo Muhammadiyah University. In INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATION (Vol. 1, No. 01). Suyitno, S., Jatmoko, D., Ardiansyah, N., & Anitasar, M. (2018). Automotive Electrical Learning Module to Improve Students Interest and Learning Achievement of Vocational School. In Proceedings of the 1st International Conference on Science and Technology for an Internet of Things. European Alliance for Innovation (EAI). Suyitno, S. (2015). EVALUASI PELAKSANAAN PRAKTIK INDUSTRI SMK DI YOGYAKARTA. AUTO TECH-Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 6(2). Ardiyansah, N. I., & Suyitno, S. (2019). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR DI SMK A YANI GEBANG PURWOREJO. AUTO TECH-Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 13(02). Muchlis, M., Suyitno, S., & Jatmoko, D. (2019, December). Developing A Props of Fire Extinguishers Cutting to Enhance Student’s Learning Outcomes of The K3 Studi at Muhammadiyah University Purworejo. In INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATION (Vol. 2, No. 1). Apriliyanto, A., & Suyitno, S. (2019). PEMBUATAN ALAT UKUR SPOORING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH SISTEM KEMUDI. AUTO TECH-Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 13(02). Indriati, K., & Suyitno, S. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENGIKUTI KURSUS STIR MOBIL DILEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN MAHKOTA GRASS PURWOREJO. AUTO TECH-Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 13(02). en_US
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/4179
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui langkah-langkah aktivitas belajar siswa dengan penerapan metode direct teaching pada materi sistem rem di kelas XI TKR 6 SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen tahun 2012/2013, (2) mengetahui ada tidaknya peningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi sistem rem melalui penerapan metode direct teaching di kelas X1 TKR 6 SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen tahun 2012/2013.Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas XI TKR 6 SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen dengan jumlah 40 siswa. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam tiga tahap, yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu: observasi, tes, dokumentasi. Data tingkat keaktivan siswa selama proses pembelajaran dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Peningkatan hasil aktivitas siswa dengan menggunakan metode direct teaching diketahui dengan menghitung perbedaan rerata nilai post-test dari setiap siklus. Apabila rerata post-test terjadi peningkatan maka aktivitas siswa juga meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif dengan metode Direct Teaching hasil aktivitas siswa meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pengamatan observasi selama proses pembelajaran menggunakan metode Direct Teaching berlangsung. Terdapat peningkatan aktivitas siswa pada pembelajaran sistem rem kelas XI TKR 6 SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen setelah diadakan penelitian menggunakan metode direct teaching. Peningkatan nilai pada materi sistem rem sebesar 0,5 yang diperoleh dari selisih antara nilai rata-rata post-test siklus I dan nilai rata-rata post-test siklus II. en_US
dc.publisher ump en_US
dc.title PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN METODE DIRECT TEACHING MATERI REM DI SMK TAMAN KARYA MADYA TEKNIK KEBUMEN en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account