Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model team teaching efektif digunakan dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 40 Purworejo. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 bulan. Pembelajaran dilakukan
dengan model team teaching dalam tiga siklus. Berdasarkan pengamatan dan pertimbangan hasil tiap siklus, tindakan yang dilakukan adalah dengan pembagian siswa ke dalam kelompok dengan jumlah anggota yang berbeda maupun komposisi anggota kelompok, serta perlakuan terhadap kelompok.
Data diperoleh dengan metode dokumentasi, yaitu dokumentasi nilai Tes Uji Coba I, II, dan III UNAS Kabupaten Purworejo siswa kelas IX SMP N 40 Purworejo. Siklus pertama dilaksanakan dari tanggal 5 Januari sampai 5 Pebruari 2009. Siklus kedua dilaksanakan tanggal 16 Pebruari sampai 12 Maret 2009. Adapun siklus ketiga tanggal 16 Maret sampai 2 April 2009.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran dan peningkatan prestasi belajar matematika. Hal ini ditunjukkan oleh rerata nilai uji coba ujian nasional, yaitu 4,01 pada siklus I, 4,16 pada siklus II; dan 5,34 pada siklus III. Hal ini menunjukkan bahwa model team teaching dapat dipakai sebagai salah satu alternatif upaya mensukseskan ujian nasional tanpa mengabaikan proses pembelajaran.