Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika; (2) meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika; (3) meningkatkan hasil belajar matematika, dan (4) memperbaiki sikap siswa terhadap pembelajaran matematika. Penelitian dilaksanakan di SMPN 2 Kutowinangun selama 6 bulan dari bulan April sampai September 2009.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII E sejumlah 40 siswa. Faktor yang diteliti berupa peningkatan motivasi belajar, aktivitas, sikap, dan hasil belajar matematika. Data diperoleh dengan metode angket, observasi, dan tes. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar dari pra siklus sampai siklus III
berturut-turut: 55; 59,75; 64,59; dan 84,53. Peningkatan aktivitas belajar dari siklus I sampai siklus III berturut-turut: 50, 70; dan 90. Peningkatan skor sikap siswa siklus I sampai siklus III berturut-turut: 35,75; 64,75; dan 77,50. Peningkatan prestasi belajar dari pra siklus sampai siklus III berturut-turut: 55,88; 65,88, 76,00, dan 83,75. Dari hasil tersebut, model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif meningkatkan motivasi, keaktifan, sikap siswa, dan prestasi belajar matematika.