Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS DOMAIN OF EDUCATION FOR SCIENCE UNTUK MENGOPTIMALKAN MINDS ON DAN HANDS ON SISWA SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Ngazizah, Nur
dc.contributor.author Kurniawan, Eko Setyadi
dc.date.accessioned 2024-03-07T02:01:13Z
dc.date.available 2024-03-07T02:01:13Z
dc.date.issued 2013-11-26
dc.identifier.issn 2087-782X
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/4430
dc.description.abstract Telah dilakukan penelitian dan pengembangan (R&D) modul Fisika yang bertujuan untuk mengoptimalkan minds-on dan hands on siswa. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 31 siswa, yang terdiri dari 20 putri dan 11 putra. Modul yang dikembangkan adalah modul fisika yang berbasis domain of education for science.Materi yang dikembangkan dalam modul yaitu mengenai listrik dinamis.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, metode angket, tes dan dokumentasi.Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh Rerata persentase hasil evaluasi modul dari ahli 80%, dari guru Fisika 79%, dari teman sejawat 90%. Dari ketiga hasil evaluasi tersebut diperoleh rerata total untuk modul sebesar 84%. Hasil penilaian tersebut mengindikasikan bahwa modul tersebut memiliki kelayakan isi yang baik, bahasa yang mudah dipahami, penyajian yang menarik, dan kegrafisan yang menarik sehingga dapat membantu siswa dalam mencapai pemahaman dan dapat mengoptimalkan minds-on dan hands on pada siswa SMA.Keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rerata skor 3,34 atau 91,24% dari dua observer termasuk kategori sangat baik. Data pengoptimalan minds-on diperoleh dari angket yang di isi oleh siswa dan lembar observasi. Dari hasil angket tersebut diperoleh rerata 43,52 rerata tersebut masuk dalam kriteria baik Skor pengoptimalan hands on pada setiap peserta didik yang diperoleh secara keseluruhan adalah 3,30 dan termasuk kategori sangat baik. Respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan diperoleh kriteria setuju dengan persentase 50,13%. Sementara itu ketercapaian hasil belajar dengan KKM 75 diperoleh persentase 69,60%. Selanjutnya dapat diambil kesimpulan bahwa moduluntuk mengoptimalkan minds on dan hands on peserta didik hasil pengembangan layak digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran fisika. Setelah ini masih akan dilakukan ujicoba lebih luas. en_US
dc.publisher Universitas Muhammadiyah Purworejo en_US
dc.subject domain of education for science, minds-on hand on, modul en_US
dc.title PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS DOMAIN OF EDUCATION FOR SCIENCE UNTUK MENGOPTIMALKAN MINDS ON DAN HANDS ON SISWA SMA en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account