Abstract:
Penelitian penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi Lectora Inspire siswa kelas XI pada mata pelajaran sistem AC di SMK Negeri 4 Purworejo bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire siswa kelas XI pada mata pelajaran sistem AC di SMK Negeri 4 Purworejo. Penelitian penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi Lectora Inspire merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian yaitu kelas XI TKRO B SMK Negeri 4 Purworejo dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode kuisioner, tes, dokumentasi, observasi. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Perolehan analisis data tiap siklus digunakan untuk menentukan kegiatan pada siklus selanjutnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi Lectora Inspire pada mata pelajaran sistem AC dikelas XI TKRO dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada tiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata minat siswa dari pra siklus dengan persentase 48% berkategori kurang, pada siklus I naik menjadi 81% berkategori baik, dan semakin meningkat pada siklus II yaitu sebesar 96%. Meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran berbasis aplikasi lectora inspire berdasarkan persentase siswa yang memenuhi standar kompetensi pada pra siklus 26% berkategori sangat kurang, pada siklus I meningkat sebesar 74% berkategori cukup, dan pada siklus II naik menjadi 96% berkategori baik sekali.