Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Analisis Minat dan Hasil Belajar Siswa SMK dengan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire

Show simple item record

dc.contributor.author Susanto, Arif
dc.date.accessioned 2024-04-23T06:50:06Z
dc.date.available 2024-04-23T06:50:06Z
dc.date.issued 2023-07-11
dc.identifier.issn 2337 - 7593
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/4436
dc.description.abstract Penelitian penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi Lectora Inspire siswa kelas XI pada mata pelajaran sistem AC di SMK Negeri 4 Purworejo bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire siswa kelas XI pada mata pelajaran sistem AC di SMK Negeri 4 Purworejo. Penelitian penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi Lectora Inspire merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian yaitu kelas XI TKRO B SMK Negeri 4 Purworejo dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode kuisioner, tes, dokumentasi, observasi. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Perolehan analisis data tiap siklus digunakan untuk menentukan kegiatan pada siklus selanjutnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi Lectora Inspire pada mata pelajaran sistem AC dikelas XI TKRO dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada tiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata minat siswa dari pra siklus dengan persentase 48% berkategori kurang, pada siklus I naik menjadi 81% berkategori baik, dan semakin meningkat pada siklus II yaitu sebesar 96%. Meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran berbasis aplikasi lectora inspire berdasarkan persentase siswa yang memenuhi standar kompetensi pada pra siklus 26% berkategori sangat kurang, pada siklus I meningkat sebesar 74% berkategori cukup, dan pada siklus II naik menjadi 96% berkategori baik sekali. en_US
dc.publisher Jurnal Pendidikan UNIMUDA Sorong en_US
dc.relation.ispartofseries Vol 11 No. 2;338 - 344
dc.subject Media lectora inspire, minat belajar, hasil belajar en_US
dc.title Analisis Minat dan Hasil Belajar Siswa SMK dengan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire en_US
dc.title.alternative en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account