Abstract:
Sekolah sebagai lembaga formal pendidikan memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui pembelajaran untuk menunjang kelancaran jalannya pembangunan di Indonesia secara keseluruhan. Dalam melaksanakan manajemen berbasis sekolah secara efektif dan efisien, maka memerlukan kepala sekolah yang memiliki kemampuan kepemimpinan, perencanaan, dan pandangan yang luas tentang sekolah dan pendidikan. Keberhasilan sekolah dalam mengantar peserta didik tidak bisa lepas dari semua komponen yang terkait dalam sekolah yaitu kepala sekolah, guru, tenaga administrasi, peserta didik dan peran orang tua murid. Tingginya partisipasi komponen-komponen ini menunjukan tingginya pemahaman pentingnya pendidikan demi kemajuan bangsa yang pada gilirannya menentukan mutu sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, lingkungan kerja secara parsial berpengaruh positif terhadap kinerja guru (Studi pada Sekolah Menengah Muhammdiyah Di Kabupaten Purworejo).
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 136 responden. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi berganda dan pengujian hipotesis.
Hasil analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru secara parsial.