Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengembangan Media Pembelajaran dengan Alat Peraga Engine Cutting Sistem Karburator di SMK Pancasila 1 Kutoarjo

Show simple item record

dc.contributor.author Pramono, Herlambang
dc.date.accessioned 2018-01-30T07:17:57Z
dc.date.available 2018-01-30T07:17:57Z
dc.date.issued 2017-01-31
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/836
dc.description.abstract Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui 1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran menggunakan alat peraga cutting karburator pada kelas X TSM di SMK Pancasila Kutoarjo, 2) Untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran menggunakan alat peraga cutting karburator pada kelas X TSM di SMK Pancasila Kutoarjo, 3) Untuk mengetahui hasil belajar dari media pembelajaran alat peraga cutting karbutator pada kelas X TSM di SMK Pancasila Kutoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah R and D (Research and Development). Sebagai subjek adalah siswa kelas X TSM SMK Pancasila Kutoarjo tahun pelajaran 2016/2017, yang berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan instrumen tes menggunakan 20 soal yang masing-masing akan dikerjakan oleh kelas control dan eksperimen. Setelah semua data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi kuantitatif. Hasil dari penelitian pengembangan media yang telah melalui beberapa tahapan yang dilalui seperti 1) Proses desain produk, validasi produk, revisi desain, uji coba produk, revisi produk dan terakhir pemakaian produk, sampai menjadi bahan pembelajaran media alat peraga cutting karburator 2) Kemudian didapatkan hasil skor penilaian oleh ahli media terhadap media yang sedang dibuat termasuk memperoleh skor 37 dengan presentase 74%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hasil validasi oleh ahli media menunjukkan media pembelajaran ini termasuk kategori Cukup Valid. Dan dari penilaian ahli materi mendapat penilaian jumlah skor 35 dari total skor maksimal 50 dengan persentase 70% dinyatakan cukup valid untuk digunakan dalam penelitian. 3) Hasil analisis data hasil evaluasi kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata kelas control 70.00 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 75.00, terdapat selisih nilai antara kelas control dan kelas eksperimen dan juga hasil dari nilai rata-rata kelas eksperimen sudah sesuai standar KKM.Antara kelompok eksperimen dan kelompok control memiliki hasil belajar yang berbeda terhadap media pembelajaran stand alat peraga sistem karburator dan terdapat adanya peningkatan hasil belajar sebesar 5,43%. Dari analisis data tersebut terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang belum menggunakan media pembelajaran alat peraga cutting karburator dengan siswa yang sudah menggunakan media pembelajaran alat peraga cutting karburator. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran alat peraga cutting karburator cukup efektif digunakan sebagai media pembelajaran di SMK Pancasila Kutoarjo. en_US
dc.publisher Agribisnis-Fakultas Pertanian en_US
dc.subject Pengembangan, media pembelajaran, alat peraga cutting karburator en_US
dc.title Pengembangan Media Pembelajaran dengan Alat Peraga Engine Cutting Sistem Karburator di SMK Pancasila 1 Kutoarjo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account