Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan
untuk meningkatkan pemahaman materi dan aktivitas belajar mandiri siswa
melalui sistem lembar masalah terprogram dan panduan belajar.
Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA
Muhammadiyah Kudus tahun pelajaran 2012/2013 berjumlah 38 siswa. Penelitian
ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan empat metode, yaitu: metode observasi, metode angket, metode tes
dan metode dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis
menggunakan teknik deskripsi persentase.
Peningkatan aktivitas belajar mandiri siswa berdasarkan data hasil
observasi dan angket diperoleh persentase rata-rata sebesar 56,56% pada pra
siklus menjadi 65,79% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 81,64% pada
siklus II. Peningkatan aktivitas belajar mandiri yang dialami siswa juga diikuti
oleh peningkatan hasil belajar, yang mana pada pra siklus rata-rata nilai siswa
55,79 dengan ketuntasan 15,79% meningkat menjadi 61,05 dengan ketuntasan
42,11% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 71,32 dengan ketuntasan
73,68% pada siklus II. Sehingga dapat diketahui bahwa melalui sistem lembar
masalah terprogram dan panduan belajar dapat meningkatkan pemahaman materi
dan aktivitas belajar mandiri siswa di kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah
Kudus.