Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PEMANFAATAN SISTEM LEMBAR MASALAH TERPROGRAM DAN PANDUAN BELAJAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI DAN AKTIVITAS BELAJAR MANDIRI PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH KUDUS

Show simple item record

dc.contributor.author Tristiyanti, Noviana
dc.date.accessioned 2018-01-31T08:43:04Z
dc.date.available 2018-01-31T08:43:04Z
dc.date.issued 2018-03-31
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/881
dc.description.abstract Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman materi dan aktivitas belajar mandiri siswa melalui sistem lembar masalah terprogram dan panduan belajar. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah Kudus tahun pelajaran 2012/2013 berjumlah 38 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan empat metode, yaitu: metode observasi, metode angket, metode tes dan metode dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Peningkatan aktivitas belajar mandiri siswa berdasarkan data hasil observasi dan angket diperoleh persentase rata-rata sebesar 56,56% pada pra siklus menjadi 65,79% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 81,64% pada siklus II. Peningkatan aktivitas belajar mandiri yang dialami siswa juga diikuti oleh peningkatan hasil belajar, yang mana pada pra siklus rata-rata nilai siswa 55,79 dengan ketuntasan 15,79% meningkat menjadi 61,05 dengan ketuntasan 42,11% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 71,32 dengan ketuntasan 73,68% pada siklus II. Sehingga dapat diketahui bahwa melalui sistem lembar masalah terprogram dan panduan belajar dapat meningkatkan pemahaman materi dan aktivitas belajar mandiri siswa di kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah Kudus. en_US
dc.publisher Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Purworejo en_US
dc.subject Panduan Belajar en_US
dc.subject Pemahaman Materi en_US
dc.subject Aktivitas Belajar Mandiri en_US
dc.title PEMANFAATAN SISTEM LEMBAR MASALAH TERPROGRAM DAN PANDUAN BELAJAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI DAN AKTIVITAS BELAJAR MANDIRI PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH KUDUS en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account