Abstract:
Telah dilakukan penelitian pengembangan Alat Peraga Pengatur Arus Beban
Berbasis Triac Pada Materi Listrik Dinamis guna mengetahui: (1) kelayakan alat
peraga pengatur arus beban berbasis Triac pada materi listrik dinamis yang
dikembangkan, (2) respon guru fisika terhadap alat peraga pengatur arus beban
berbasis Triac pada materi listrik dinamis yang dikembangkan, dan (3) respon
peserta didik terhadap alat peraga pengatur arus beban berbasis Triac pada materi
listrik dinamis yang dikembangkan,
Jenis penelitian yaitu pengembangan yang mengacu pada model
pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan
Evaluation. penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 6 mahasiwa pendidikan
fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini dilaksanakan di SMA
Muhammadiyah Kutoarjo dengan subjek penelitian pada uji coba luas berjumlah 20
peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar
validasi, angket uji terbatas,angket respon peserta didik terhadap alat peraga dan
buku panduan dan angket respon guru terhadap alat peraga dan buku panduan.
Berdasarkan analisis data diperoleh: (1) Validasi alat peraga pengatur arus
beban dari 2 validator yang terdiri dari satu dosen dan guru mata pelajaran fisika,
layak
digunakan dengan tingkat konsistensi yang reliabel, hal ini ditunjukkan dari
hasil validasi ahli mendapatkan nilai secara keseluruhan 2,65 termasuk dalam
kategori cukup dengan PA sebesar 87%, sehingga dapat digunakan dalam proses
pembelajaran setelah dilakukan revisi. (2) Respon guru fisika terhadap alat peraga
dan buku panduan terhadap alat peraga dengan Keseluruhan aspek mendapatkan
persentase 75% dengan nilai cukup dan layak digunakan dalam pembelajaran. (3)
Respon peserta didik terhadap alat peraga dan buku panduan yang dikembangkan
yaitu sangat baik, hal ini ditunjukkan dengan keseluruhan aspek mendapatkan
persentase 86% dengan nilai sangat baik. Dengan demikian alat peraga pengatur
arus beban berbasis Triac layak digunakan dalam pembelajaran fisika SMA/MA
Kelas X.