Abstract:
Telah dilakukan penelitian pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis
Meaningful Instructional Design (MID)guna mengetahui: (1) kelayakan modul
fisika berbasisMeaningful Instructional Design (MID)yang dikembangkan, (2)
peningkatan High Order Thinking Skills(HOTS) peserta didik, dan (3) respon
peserta didik setelah menggunakan modul fisika berbasis Meaningful Instructional
Design (MID)yang telah dikembangkan.
Jenis penelitian yaitu pengembangan yang mengacu pada model
pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development,
ImplementationdanEvaluation. Penelitian inidilaksanakan di SMA Negeri 1
Pejagoan dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 5 peserta didik
dan pada tahap penerapan berjumlah 32 peserta didik. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar validasi,
angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar.
Hasil analisis data yaitu menggunakan : (1)analisis telaah lembar validasi
modulfisika berbasis Meaningful Instructional Design (MID)dari tiga validator
yaitu dua dosen ahli dan guru fisika mendapatkan nilai secara keseluruhan sebesar
3,44, termasuk dalam kategori baik dan layak digunakan dalam pembelajaran.Uji
reliabilitas diperoleh percentage agreement93,9% sehingga data yang dihasilkan
reliabel. (2) Peningkatan HOTS tahap penerapan diperoleh N-gain 0,674 dan
termasuk kategori peningkatan sedang. (3) Respon peserta didik terhadap modul
pembelajaran fisika berbasis Meaningful Instructional Design (MID)pada uji coba
terbatas diperoleh persentase 82,93% dengan kategori baik dan tahap penerapan
diperoleh persentase 88,98% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian,
modul pembelajaran fisika berbasis Meaningful Instructional Design (MID)yang
dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan baik dan layak digunakan dalam
pembelajaran serta dapat meningkatkan High Order Thinking Skills(HOTS) peserta
didik SMA.