Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengembangan Modul Fisika Berbasis Meaningful Instructional Design (MID) Untuk Meningkatkan High Order Thinking Skills (HOTS) Peserta Didik SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Riyanda, Ismail
dc.date.accessioned 2018-01-31T08:58:51Z
dc.date.available 2018-01-31T08:58:51Z
dc.date.issued 2018-01-31
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/885
dc.description.abstract Telah dilakukan penelitian pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis Meaningful Instructional Design (MID)guna mengetahui: (1) kelayakan modul fisika berbasisMeaningful Instructional Design (MID)yang dikembangkan, (2) peningkatan High Order Thinking Skills(HOTS) peserta didik, dan (3) respon peserta didik setelah menggunakan modul fisika berbasis Meaningful Instructional Design (MID)yang telah dikembangkan. Jenis penelitian yaitu pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, ImplementationdanEvaluation. Penelitian inidilaksanakan di SMA Negeri 1 Pejagoan dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 5 peserta didik dan pada tahap penerapan berjumlah 32 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar validasi, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Hasil analisis data yaitu menggunakan : (1)analisis telaah lembar validasi modulfisika berbasis Meaningful Instructional Design (MID)dari tiga validator yaitu dua dosen ahli dan guru fisika mendapatkan nilai secara keseluruhan sebesar 3,44, termasuk dalam kategori baik dan layak digunakan dalam pembelajaran.Uji reliabilitas diperoleh percentage agreement93,9% sehingga data yang dihasilkan reliabel. (2) Peningkatan HOTS tahap penerapan diperoleh N-gain 0,674 dan termasuk kategori peningkatan sedang. (3) Respon peserta didik terhadap modul pembelajaran fisika berbasis Meaningful Instructional Design (MID)pada uji coba terbatas diperoleh persentase 82,93% dengan kategori baik dan tahap penerapan diperoleh persentase 88,98% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, modul pembelajaran fisika berbasis Meaningful Instructional Design (MID)yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan baik dan layak digunakan dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan High Order Thinking Skills(HOTS) peserta didik SMA. en_US
dc.publisher Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Purworejo en_US
dc.subject Modul Fisika en_US
dc.subject Meaningful Instructionnal Design (MID) en_US
dc.subject HOTS en_US
dc.title Pengembangan Modul Fisika Berbasis Meaningful Instructional Design (MID) Untuk Meningkatkan High Order Thinking Skills (HOTS) Peserta Didik SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account