Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui karakteristik konsumen
Beras Putih Sehat Bogowonto, 2) mengetahui proses pengambilan keputusan yang
dilakukan konsumen dalam pembelian Beras Putih Sehat Bogowonto, dan 3)
mengetahui persepsi konsumen terhadap Beras Putih Sehat Bogowonto.
Populasi penelitian berjumlah 101 konsumen. Sampel penelitian berjumlah
51 konsumen, ditentukan dengan rumus Yamane. Metode pengambilan sampel
berdasarkan data PETA Organik Purworejo menggunakan metode snowball.
Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner, alat tulis, dan alat
dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan skala likert.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa karakteristik konsumen
Beras Putih Sehat Bogowonto digambarkan melalui beberapa sebaran. Umur
masuk dalam usia produktif, berjenis kelamin pria, rata-rata konsumen telah
menempuh pendidikan SMA, bekerja sebagai petani organik, pendapatan
konsumen sedang, jumlah tanggungan keluarga rata-rata 3 orang, dan pengeluaran
konsumen sangat rendah. Pembelian Beras Putih Sehat Bogowonto oleh
konsumen melalui lima tahap yaitu tahap pengenalan kebutuhan, pencarian
informasi, evaluasi alternatif, proses pembelian, dan pasca pembelian. Hasil
analisis skala likert menunjukan persepsi konsumen terhadap Beras Putih Sehat
Bogowonto baik.