Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Efektivitas Model Double Loop Problem Solving Terhadap Sikap Ilmiah Siswa SMA Negeri 7 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Hapsari, Anjar Ibnu
dc.date.accessioned 2018-01-31T09:06:51Z
dc.date.available 2018-01-31T09:06:51Z
dc.date.issued 2018-01-31
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/887
dc.description.abstract Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Double Loop Problem Solving terhadap sikap ilmiah siswa SMA Negeri 7 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X MIPA SMA Negeri 7 Purworejo yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 159 siswa, sampel penelitian berjumlah 63 siswa, yaitu 31 siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik purpose sampling dan pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, metode observasi, metode angket, metode test, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data dengan uji t dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data kedua kelas dalam keadaan homogen karena Fhitung<Ftabel dengan Fhitung1,19; Ftabel 1,88; SD 5,24 dan varian 27,51 (kelas eksperimen); serta SD 5,52 dan varian 30,50 (kelas kontrol). Rerata persentase sikap ilmiah siswa kelas eksperimen 90,77% dan gain 0,73 dengan kategori tinggi. Rerata angket sikap ilmiah diperoleh 74,78% dengan kategori tinggi. Penilaian sarana ruang kelas diperoleh 86,03% dengan kategori memenuhi standar. Rerata keterlaksanaan pembelajaran guru pada dua pertemuan yaitu 3,58 dinyatakan baik dengan rerata Percentage Agreement (PA) 96,97% dinyatakan sangat reliabel, sedangkan rerata keterlakanaan siswa pada dua pertemuan yaitu 3,49 dinyatakan baik dengan Percentage Agreement (PA) 96,16% dinyatakan sangat reliabel. Uji hipotesis yang digunakann adalah uji t diperoleh hasil t = 3,0582 dengan t = 2,000 dan daerah kritik db = 60 {t/t < -2,000 atau t > 2,000}, yang berarti H tabel 0 ditolak (t obs  DK) sehingga hasil model pembelajaran Double Loop Problem Solving efektif terhadap sikap ilmiah. Berdasarkan hasil tersebut maka model pembelajaran Double Loop Problem Solving efektif terhadap sikap ilmiah siswa. en_US
dc.publisher Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Purworejo en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.subject Model Double Loop Problem Solving en_US
dc.subject Sikap Ilmiah en_US
dc.title Efektivitas Model Double Loop Problem Solving Terhadap Sikap Ilmiah Siswa SMA Negeri 7 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account