Abstract:
Telah dilakukan penelitian pengembangan lembar kegiatan peserta didik
(LKPD) thinking activity berbasis science practical work assessment (PEKA)
guna mengetahui: (1) kelayakan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) yang
dikembangkan, (2) tanggapan peserta didik terhadap lembar kegiatan peserta didik
(LKPD) yang dikembangkan, dan (3) peningkatan berpikir kritis peserta didik.
Desain penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan jenis
pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan
Evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Purworejo dengan
subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 4 peserta didik dan pada uji
coba luas berjumlah 30 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini adalah lembar validasi, angket tanggapan peserta didik, dan tes hasil belajar.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Validasi LKPD thinking activity
berbasis PEKA dari 3 validator sebesar 3,5 dengan kategori cukup baik dan uji
reliabilitas sebesar 97% dengan kategori reliabel. (2) Tanggapan peserta didik
terhadap LKPD thinking activity berbasis PEKA yang dikembangkan pada uji
coba terbatas sebesar 80% dengan kategori baik dan uji coba luas 87% dengan
kategori sangat baik. (3) Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik
menggunakan LKPD thinking activity berbasis PEKA tinggi, hal ini ditunjukan
dari besarnya nilai normal gain 0,818. Dengan demikian lembar kegiatan peserta
didik (LKPD) thinking activity berbasis science practical work assessment
(PEKA) layak dan dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar dalam proses
pembelajaran.