Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana mengembangkan
media pembelajaran menggunakan software Lectora Inspire, (2) tingkat kelayakan
media pembelajaran pokok bahasan Usaha dan Energi menggunakan software
Lectora Inspire, dan (3) peningkatan motivasi belajar fisika siswa kelas X MIA
MAN Purworejo.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model
penelitian ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan: (1) Analisis, (2) Design, (3)
Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Kelayakan media
pembelajaran dengan memberikan angket kepada ahli media, ahli materi, guru, dan
siswa. Peningkatan motivasi belajar fisika siswa yaitu menggunakan perhitungan
Normalized Gain dengan rerata skor yang dilakukan dari pemberian angket
sebelum menggunakan media dan angket sesudah menggunakan media
pembelajaran berbantuan software Lectora Inspire.
Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa penilaian dari ahli materi pada
materi media pembelajaran fisika pokok bahasan Usaha dan Energi menggunakan
software Lectora Inspire memperoleh rerata skor 4,2 mendapatkan kategori baik
dengan tingkat kelayakan 83 %. Hasil penilaian ahli media pada media
pembelajaran fisika pokok bahasan Usaha dan Energi menggunakan software
Lectora Inspire memperoleh rerata skor 3,8 mendapatkan kategori baik dengan
tingkat kelayakan 76 %. Hasil respon siswa terhadap media pembelajaran fisika
pokok bahasan Usaha dan Energi menggunakan software Lectora Inspire yaitu
memperoleh rerata skor 4,4 mendapatkan kategori sangat baik dengan persentase
88 %. Pada peningkatan motivasi belajar fisika siswa yaitu memperoleh Normalized
Gain sebesar 0,62 dengan kategori peningkatan motivasi pada tingkat sedang.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa media pembelajaran menggunakan software
Lectora Inspire layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran serta
meningkatkan motivasi belajar fisika.