Abstract:
Telah dilakukan penelitian pengembangan diktat fisika berbasis open
ended problem guna mengetahui kelayakan diktat fisika yang dikembangkan,
respon siswa terhadap diktat fisika yang dikembangkan dan peningkatan berpikir
kritis siswa.
Jenis penelitian yaitu pengembangan yang mengacu pada model
pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan
Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 2 SMA Negeri 4
Purworejotahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 29 siswa. Materi yang
dikembangkan adalah usaha dan energi. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, observasi, angket, tes, dan
dokumentasi. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif,
sedangkan analisis data menggunakan persentase dan Percentage Agreement.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rerata skor dari dosen ahli sebesar
3,08 dan guru fisika sebesar 3,78 dengan interpretasi “cukup baik”. Rerata
keterlaksanaan pembelajaran dari dua observer 98,67% dengan interpretasi
“sangat baik”. Ketercapaian hasil belajar diperoleh rerata 77,31 untuk posttestsudah
mencapai KKM (70). Respon siswa terhadap produk sebesar 82,42%
dengan interpretasi “baik”. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa
menggunakan diktat fisika berbasis open ended problem sedang, hal ini
ditunjukan dari besarnya nilai normal gain 0,551. Dengan demikian diktat fisika
SMA kelas X berbasis open ended problem dapat digunakan sebagai alternatif
bahan ajar fisika pada pokok bahasan usaha dan energi.