Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengembangan Diktat Fisika Berbasis Open Ended Problem Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Ariani, Melida
dc.date.accessioned 2018-01-31T09:23:58Z
dc.date.available 2018-01-31T09:23:58Z
dc.date.issued 2018-01-31
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/894
dc.description.abstract Telah dilakukan penelitian pengembangan diktat fisika berbasis open ended problem guna mengetahui kelayakan diktat fisika yang dikembangkan, respon siswa terhadap diktat fisika yang dikembangkan dan peningkatan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yaitu pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 2 SMA Negeri 4 Purworejotahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 29 siswa. Materi yang dikembangkan adalah usaha dan energi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif, sedangkan analisis data menggunakan persentase dan Percentage Agreement. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rerata skor dari dosen ahli sebesar 3,08 dan guru fisika sebesar 3,78 dengan interpretasi “cukup baik”. Rerata keterlaksanaan pembelajaran dari dua observer 98,67% dengan interpretasi “sangat baik”. Ketercapaian hasil belajar diperoleh rerata 77,31 untuk posttestsudah mencapai KKM (70). Respon siswa terhadap produk sebesar 82,42% dengan interpretasi “baik”. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan diktat fisika berbasis open ended problem sedang, hal ini ditunjukan dari besarnya nilai normal gain 0,551. Dengan demikian diktat fisika SMA kelas X berbasis open ended problem dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar fisika pada pokok bahasan usaha dan energi. en_US
dc.publisher Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Purworejo en_US
dc.subject Pengembangan en_US
dc.subject Diktat en_US
dc.subject Open Ended Problem en_US
dc.subject Berpikir Kritis en_US
dc.title Pengembangan Diktat Fisika Berbasis Open Ended Problem Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account