Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, dukungan
orang tua dan asal sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran alat ukur pada
siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK
MA’ARIF tahun pelajaran 2011 /2012 baik secara parsial maupun simultan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi korelasi. Jika dilihat dari
pengambilan datanya maka penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X
kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK MA’ARIF tahun
pelajaran 2011 / 2012 yang berjumlah 120 siswa. Teknik sampling yang
digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan Analisis
Regresi Ganda, dengan prasarat uji analisis menggunakan uji normalitas dan uji
linieritas dengan taraf signifikasi 5 %.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1). Terdapat pengaruh
yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Hal tersebut dapat
disimpulkan berdasarkan penghitungan uji-t didapatkan thitung sebesar 4,081
sedangkan ttabel sebesar 1,98 dan nilai signifikansi (sig.)/ p-value sebesar 0,000,
maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan
motivasi belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar
siswa SMK MA’ARIF dinyatakan diterima, (2) Terdapat pengaruh yang
signifikan dukungan orang tua dan prestasi belajar siswa. Hal tersebut dapat
disimpulkan berdasarkan penghitungan uji-t didapatkan thitung sebesar 3,459
sedangkan ttabel sebesar 1,98 dan nilai signifikansi (sig.)/ p-value sebesar 0,001,
maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan
dukungan orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa
SMK MA’ARIF dinyatakan diterima. (3). Terdapat pengaruh yang signifikan
motivasi belajar dan dukungan orang tua secara simultan terhadap prestasi belajar
siswa. Hal tersebut disimpulkan berdasarkan perhitungan uji-F didapat Fhitung
sebesar 27,180 dan Ftabel sebesar 3,95. Selain itu nilai signifikansi (p-value)
sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Atas dasar tersebut maka hipotesis
alternatif (Ha) yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar
siswa, dan dukungan orang tua secara gabungan (simultan) terhadap prestasi
belajar dinyatakan diterima.