Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara disiplin belajar
dan lingkungan sekolah baik secara individual maupun secara simultan terhadap
terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada
siswa kelas 1 SMP Negeri 11 Purworejo.
Populasi penelitian seluruh siswa kelas I yang berjumlah 122 siswa dari 4
kelas, penentuan sampel berpedoman pada tabel isaac michael penentuan jumlah
sampel dari populasi tertentu dengan taraf kesalahan 1%, 5%, dan 10%. Dengan
taraf kesalahan 5% diambil sampel 89 siswa. Pengambilan sampel secara random
sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket dengan skala Likert
yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan
reliabilitas.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan persentase tertinggi variabel disiplin
belajar berada pada kategori tinggi (43,82%), variabel lingkungan sekolah berada
pada kategori baik (47,19%), dan variabel prestasi belajar siswa berada pada
kategori baik (51,68%). Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada
pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi
belajar (r = 0,275 dan
= 2,657 dengan sig = 0,009)dengan r
= 0,0756
sumbangan 7,56%. Ada pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan sekolah
terhadap prestasi belajar siswa (r = 0,270 dan
= 2,605 dengan sig = 0,011)
dengan r
2
= 0,0729 sumbangan 7,29%. Ada pengaruh yang positif antara disiplin
belajar dan lingkungan sekolah secara simultan terhadap prestasi belajar siswa (R
= 0,436 dan
= 10,064 dengan sig = 0,000) dengan
= 0,190
sumbangan 19,00%. Dan 8,10% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.
Hipotesis diterima dan dikatakan positif karena F
bernilai positif serta
signifikan karena hasil signifikan 0,05.
hitung
2