Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Siswa Kelas 1 SMP Negeri 11 Purworejo

Show simple item record

dc.contributor.author S., Anggar Frimadewi
dc.date.accessioned 2018-02-01T07:44:03Z
dc.date.available 2018-02-01T07:44:03Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/906
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara disiplin belajar dan lingkungan sekolah baik secara individual maupun secara simultan terhadap terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa kelas 1 SMP Negeri 11 Purworejo. Populasi penelitian seluruh siswa kelas I yang berjumlah 122 siswa dari 4 kelas, penentuan sampel berpedoman pada tabel isaac michael penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu dengan taraf kesalahan 1%, 5%, dan 10%. Dengan taraf kesalahan 5% diambil sampel 89 siswa. Pengambilan sampel secara random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Hasil analisis deskriptif menunjukkan persentase tertinggi variabel disiplin belajar berada pada kategori tinggi (43,82%), variabel lingkungan sekolah berada pada kategori baik (47,19%), dan variabel prestasi belajar siswa berada pada kategori baik (51,68%). Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar (r = 0,275 dan = 2,657 dengan sig = 0,009)dengan r = 0,0756 sumbangan 7,56%. Ada pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa (r = 0,270 dan = 2,605 dengan sig = 0,011) dengan r 2 = 0,0729 sumbangan 7,29%. Ada pengaruh yang positif antara disiplin belajar dan lingkungan sekolah secara simultan terhadap prestasi belajar siswa (R = 0,436 dan = 10,064 dengan sig = 0,000) dengan = 0,190 sumbangan 19,00%. Dan 8,10% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Hipotesis diterima dan dikatakan positif karena F bernilai positif serta signifikan karena hasil signifikan 0,05. hitung 2 en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject Disiplin Belajar, Lingkungan Sekolah dan Prestasi Belajar Siswa en_US
dc.title Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Siswa Kelas 1 SMP Negeri 11 Purworejo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account