Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) untuk mengetahui apakah
melalui strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat
meningkatkan kemandirian belajar siswa, (2) untuk mengetahui apakah melalui
strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan
prestasi belajar ekonomi siswa
Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan,
pengamatan, dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 3 MAN
Purworejo, dengan jumlah 32 siswa.Objek penelitian ini adalah peningkatan kemandirian
belajar dan prestasi belajar ekonomi dengan menggunakan strategi pembelajaran
Problem Based Learning. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis
penelitian kualitatif..Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, tes, dokumenter
dan catatan lapangan.
Penggunaan strategi pembelajaran Problem Based Learning pada mata
pelajaran ekonomi dapat meningkatkan kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa
kelas XI MAN Purworejo. Hasil ini didukung data kualitatif yang menunjukkan bahwa
rerata presentase kemandirian belajar pada pra siklus sebesar 45%, pada siklus I
meningkat menjadi 58,12% dan pada siklus II meningkat menjadi 77,7%. Sedangkan
rerata persentase prestasi belajar ekonomi pada pra siklus sebesar 41% (yang mencapai
nilai 70), pada siklus I meningkat menjadi 65,6% dan pada siklus II meningkat menjadi
84%.