Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Ekonomi dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas XI IIS 3 MAN Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Mariyati, Puji
dc.date.accessioned 2018-02-01T07:51:31Z
dc.date.available 2018-02-01T07:51:31Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/910
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) untuk mengetahui apakah melalui strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa, (2) untuk mengetahui apakah melalui strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan prestasi belajar ekonomi siswa Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 3 MAN Purworejo, dengan jumlah 32 siswa.Objek penelitian ini adalah peningkatan kemandirian belajar dan prestasi belajar ekonomi dengan menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Learning. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis penelitian kualitatif..Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, tes, dokumenter dan catatan lapangan. Penggunaan strategi pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran ekonomi dapat meningkatkan kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa kelas XI MAN Purworejo. Hasil ini didukung data kualitatif yang menunjukkan bahwa rerata presentase kemandirian belajar pada pra siklus sebesar 45%, pada siklus I meningkat menjadi 58,12% dan pada siklus II meningkat menjadi 77,7%. Sedangkan rerata persentase prestasi belajar ekonomi pada pra siklus sebesar 41% (yang mencapai nilai 70), pada siklus I meningkat menjadi 65,6% dan pada siklus II meningkat menjadi 84%. en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject Problem Based Learning, kemandirian belajar, dan prestasi belajar en_US
dc.title Peningkatan Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Ekonomi dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas XI IIS 3 MAN Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account