Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Efektivitas Media Pembelajaran Aksara Jawa dengan Adobe Flash CS5 Profesional terhadap Keterampilan Membaca Aksara Jawa pada Siswa Kelas XI MAN Kutowinangun Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Sutopo
dc.date.accessioned 2018-02-01T07:56:09Z
dc.date.available 2018-02-01T07:56:09Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/911
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) ada tidaknya perbedaan yang signifikan dalam keterampilan membaca aksara Jawa antara siswa yang menggunakan Adobe Flash CS5 Professional dan pembelajaran tanpa menggunakan media Adobe Flash CS5 Professional pada siswa kelas XI MAN Kutowinangun; 2) efektivitas penggunaan media Adobe Flash CS5 Professional dalam pembelajaran membaca aksara Jawa pada siswa yang menggunakan media Adobe Flash CS5 Professional dibandingkan siswa dalam pembelajaran tanpa menggunakan media Adobe Flash CS5 Professional pada siswa kelas XI MAN Kutowinangun. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi experimental dengan desain pretest and posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Kutowinangun Tahun Pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 9 kelas berjumlah 285 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPS 3 (31 siswa) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 (32 siswa) sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi dan metode tes. Validitas instrumen diuji menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitas instrumen diuji dengan rumus KR-20. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas serta analisis uji-t. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 4,359 > ttabel = 1,670 yang berarti ada perbedaan yang signifikan dalam keterampilan membaca aksara Jawa antara siswa yang menggunakan Adobe Flash CS5 Professional dan pembelajaran tanpa menggunakan media Adobe Flash CS5 Professional. Dari hasil peningkatan skor t-hitung kelas eksperimen lebih besar daripada t-hitung kelas kontrol yaitu 11,896 > 9,454. Hasil perhitungan tes awal dan tes akhir pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berarti penggunaan Adobe Flash CS5 Professional lebih efektif untuk pembelajaran keterampilan membaca aksara Jawa pada siswa kelas XI MAN Kutowinangun Kebumen. en_US
dc.publisher PBSJ-FKIP en_US
dc.subject media, Adobe Flash CS5 Professional, aksara Jawa en_US
dc.title Efektivitas Media Pembelajaran Aksara Jawa dengan Adobe Flash CS5 Profesional terhadap Keterampilan Membaca Aksara Jawa pada Siswa Kelas XI MAN Kutowinangun Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account