Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang
menggunakan metode pembelajaran kooperatif STAD; (2) untuk mengetahui hasil
belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif TAI; (3) untuk
mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan
metode kooperatif tipe STAD dengan tipe TAI pada mata pelajaran Ekonomi
kelas X MIA MAN Purworejo.
Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian tindakan
kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA MAN
Purworejo yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan
peneliti yaitu analisis dokumen, tes, dan observasi. Prosedur penelitian tiap siklus
terdiri dari empat tahap yaitu (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan,
(c) pengamatan tindakan, dan (d) refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulikan bahwa metode STAD dan
TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari rerata nilai pra
siklus nilai siswa adalah 34,375, pada tindakan siklus I setelah penggunaan
pembelajaran TAI terjadi peningkatan rata-rata nilai siswa menjadi 75,40 dan pada
tindakan siklus II menjadi 89,75 setelah menggunakan metode STAD. Selain itu
ada peningkatan ketuntasan belajar siswa pada tindakan pra siklus sebesar 0%.
Pada tindakan siklus I terjadi peningkatan menjadi 46,87% dan pada tindakan
siklus II menjadi 96,87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
penggunaan metode STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran ekonomi lebih baik dibandingkan dengan metode TAI .