Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui adanya dugaan peningkatan
prestasi belajar perawatan kelistrikan otomotif siswa kelas XI SMK YPP
Purworejo setelah diterapkan metode peer teaching, 2) mengetahui adanya dugaan
peningkatan aktifitas belajar mata diklat perawatan kelistrikan otomotif siswa
kelas XI SMK YPP Purworejo setelah diterapkan metode belajar peer teaching.
Merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pada proses
pembelajarannya menerapkan metode belajar peer teaching. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas XI MD SMK YPP Purworejo dengan jumlah 27 siswa pada
mata diklat perawatan kelistrikan otomotif. Sistematika pelaksanaan penelitian ini
menerapkan 2 siklus, planning siklus I berdasarkan studi pendahuluan, acting
dikelas dengan memilih tutor (peer) dari siswa yang paling menonjol dikelas,
observing aktivitas belajar dan prestasi selama penerapan peer teaching. Planning
siklus II disusun berdasarkan refleksi siklus I, acting dikelas dengan memilih tutor
yang berprestasi baik pada siklus I. observing aktivitas belajar dan prestasi selama
penerapan peer teaching siklus II kemudian merefleksikan hasil penelitian. Aspek
yang diteliti meliputi aktivitas belajar siswa dan prestasi belajar. Data dianalisis
melalui tahapan reduksi, paparan data dan penyimpulan hasil.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas positif pada proses
belajar mengajar sebesar 26,07%, penurunan aktivitas belajar negatif pada proses
belajar mengajar adalah 6,87%. Peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I
adalah 27,30% dan Peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus II adalah
95,09%. Rata-rata peningkatan prestasi belajar pada siklus I dan siklus II adalah
61,20%.