Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEER TEACHING PADA PEMBELAJARAN PERAWATAN KELISTRIKAN OTOMOTIF UNTUK SISWA KELAS XI SMK YPP PURWOREJO

Show simple item record

dc.contributor.author Devinagara, Favinta
dc.date.accessioned 2018-02-01T07:58:30Z
dc.date.available 2018-02-01T07:58:30Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/913
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui adanya dugaan peningkatan prestasi belajar perawatan kelistrikan otomotif siswa kelas XI SMK YPP Purworejo setelah diterapkan metode peer teaching, 2) mengetahui adanya dugaan peningkatan aktifitas belajar mata diklat perawatan kelistrikan otomotif siswa kelas XI SMK YPP Purworejo setelah diterapkan metode belajar peer teaching. Merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pada proses pembelajarannya menerapkan metode belajar peer teaching. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MD SMK YPP Purworejo dengan jumlah 27 siswa pada mata diklat perawatan kelistrikan otomotif. Sistematika pelaksanaan penelitian ini menerapkan 2 siklus, planning siklus I berdasarkan studi pendahuluan, acting dikelas dengan memilih tutor (peer) dari siswa yang paling menonjol dikelas, observing aktivitas belajar dan prestasi selama penerapan peer teaching. Planning siklus II disusun berdasarkan refleksi siklus I, acting dikelas dengan memilih tutor yang berprestasi baik pada siklus I. observing aktivitas belajar dan prestasi selama penerapan peer teaching siklus II kemudian merefleksikan hasil penelitian. Aspek yang diteliti meliputi aktivitas belajar siswa dan prestasi belajar. Data dianalisis melalui tahapan reduksi, paparan data dan penyimpulan hasil. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas positif pada proses belajar mengajar sebesar 26,07%, penurunan aktivitas belajar negatif pada proses belajar mengajar adalah 6,87%. Peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 27,30% dan Peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus II adalah 95,09%. Rata-rata peningkatan prestasi belajar pada siklus I dan siklus II adalah 61,20%. en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject Peer teaching, aktivitas belajar, prestasi belajar en_US
dc.title MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEER TEACHING PADA PEMBELAJARAN PERAWATAN KELISTRIKAN OTOMOTIF UNTUK SISWA KELAS XI SMK YPP PURWOREJO en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account