Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang
positif dan signifikan antara kreativitas guru, minat belajar siswa, dan motivasi
belajar siswa baik secara sendiri-sendiri maupun secara besama-sama terhadap
hasil belajar siswa kelas XI TKR 2 SMK PN 2 Purworejo.
Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh
Isaac, untuk tingkat kepercayaan 0.95 dari populasi 100 siswa diambil sampel 80
siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan
data menggunakan angket dan analisis dokumentasi. Analisis data menggunakan
analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.
Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa kreativitas guru
berada pada kategori baik 47,50%, minat belajar pada kategori baik sebesar
56,25%, motivasi belajar pada kategori baik sebesar 51,25%, dan hasil belajar
siswa pada kategori baik sebesar 98,75%. Berdasarkan analisis kuantitatif
memperoleh (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas guru
terhadap hasil belajar siswa sebesar 35,05% (r
x1y
= 0,592; t
hitung
= 6,403; sig <
0,05). (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap
hasil belajar siswa sebesar 20,88% (r
x2y
= 0,457; t
hitung
= 4,483;sig < 0,05). (3) ada
pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar
siswa sebesar 11,22% (r
x3y
= 0,335; t
hitung
= 3,095; sig < 0,05). (4) ada pengaruh
yang positif dan signifikan antara kreativitas guru, minat belajar siswa, dan
motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa sebesar
45,00% (R= 0,687; F
hitung
= 22,584; sig < 0,05) dan sisanya 55,00% dipengaruhi
oleh variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan regresi Y = 61,037+ 0,292 X
1
+
0,216 X
2
+ 0,0151 X
3
dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.