Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Kreatiivitas Guru, Minat Belajar Siswa, Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR 2 SMK PN 2 Purworejo Tahun 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Puspitasari, Afrilia
dc.date.accessioned 2018-02-01T08:00:15Z
dc.date.available 2018-02-01T08:00:15Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/915
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas guru, minat belajar siswa, dan motivasi belajar siswa baik secara sendiri-sendiri maupun secara besama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKR 2 SMK PN 2 Purworejo. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac, untuk tingkat kepercayaan 0.95 dari populasi 100 siswa diambil sampel 80 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan analisis dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa kreativitas guru berada pada kategori baik 47,50%, minat belajar pada kategori baik sebesar 56,25%, motivasi belajar pada kategori baik sebesar 51,25%, dan hasil belajar siswa pada kategori baik sebesar 98,75%. Berdasarkan analisis kuantitatif memperoleh (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas guru terhadap hasil belajar siswa sebesar 35,05% (r x1y = 0,592; t hitung = 6,403; sig < 0,05). (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 20,88% (r x2y = 0,457; t hitung = 4,483;sig < 0,05). (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 11,22% (r x3y = 0,335; t hitung = 3,095; sig < 0,05). (4) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas guru, minat belajar siswa, dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa sebesar 45,00% (R= 0,687; F hitung = 22,584; sig < 0,05) dan sisanya 55,00% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan regresi Y = 61,037+ 0,292 X 1 + 0,216 X 2 + 0,0151 X 3 dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima. en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject kreativitas guru, minat belajar siswa, motivasi belajar siswa, hasil belajar siswa en_US
dc.title Pengaruh Kreatiivitas Guru, Minat Belajar Siswa, Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR 2 SMK PN 2 Purworejo Tahun 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account