Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur intrinsik yang
meliputi tema, tokoh, alur/plot, sudut pandang dan latar serta mendeskripsikan
nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam teks naskah cerita Ayodya
Parwa.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
deskriptif kualitatif dengan teknik pustaka. Sumber data penelitian ini adalah
naskah cerita bersambung Ayodya Parwa karya Ki Kandhabuwana dalam majalah
Djoko Lodhang edisi 06 tanggal 06 mei 2013 sampai dengan edisi 22 tanggal 26
oktober 2013 dan yang menjadi data dalam penelitian ini adalah kutipan-kutipan
atau pernyataan dalam cerita bersambung Ayodya Parwa karya KI
Kandhabuwana. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan studi
pustaka atau teknik pustaka yaitu mengumpulkan data dengan bantuan buku-buku,
majalah, catatan, naskah atau dokumen lain yang berkaitan dengan data yang akan
diteliti dan juga teknik catat dan simak. Teknik analisis data dalam penelitian ini
adalah teknik analisis deskriptif kualitatifnmenggunakan metode Content
Analysys, yaitu penulis membahas dan mengkaji isi cerita bersambung Ayodya
Parwa.
Hasil dari analisi data dan temuan dari penelitian ini adalah unsur-unsur
intrinsik yang saling berpadu untuk menghasilkan cerita yang menarik. Unsurunsur
intrinsik yang ditemukan antara lain: (1) Tema dari cerita Ayodya Parwa
adalah tema kepahlawanan, (2) alur maju, (3) tokoh utama Prabu Dasamuka dan
tokoh pendampingnya adalah Prabu Wela,Prabu Wilkampana, Prabu Banaputra,
Prabu Bimakendra, Prabu Kraldagami, Prabu Binggaladibya, Patih Kamboja,
Paman Prahasta, Dewi Sukasalya, Begawan Rawatmaja, Resi Dasarata, Bilung,
Togog dan Lurah Semar, (4) latar, yang meliputi latar tempat antara alun-alun,
sawah, sungai, lereng gunung, pelataran padepokan, hutan dandaka,
persembunyian Dewi Sukasalya, Balai Mercukunda, dan Kori Selamatangkep.
Latar tempat antara lain pada pagi hari, sianghari dan malam hari, (5) Sudut
pandang yang digunakan adalah sudut pandang orang ketiga, (6) Nilai-nilai
pendidikan karakter yang ditemukan adalah nilai religius, disiplin, berpikir kreatif,
tanggung jawab, cinta tanah air, cinta damai, peduli sosial, peduli lingkungan dan
rasa ingin tahu.