dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa; 2) untuk mengetahui bagaimanakah prosedur penerapan media job-sheet; 3) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keaktifan belajar siswa, dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan prestasi belajar siswa pada pelajaran sistem pengapian konvensional melalui penerapan model pembelajaran dengan menggunakan job-sheet siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah Kutowinangun.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di kelas XI TKR A SMK Muhammadiyah Kutowinangun yang berjumlah 32 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket keaktifan belajar siswa dan soal tes tertulis berbentuk pilihan ganda yang gunakan pada setiap akhir siklus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.
Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa melalui penerapan media dengan menggunakan job-sheet dapatmeningkatkan persentase keaktifan dan ketuntasanprestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil angket respon keaktifaan belajar siswa menunjukan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa, terbukti dengan perolehan angket respon keaktifan belajar siswa dengan rata-rata persentase 65,75% pada siklus I dan mengalami peningkatan menjadi 70,78% pada siklus II Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan terbukti pada pra siklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 50,78 dengan ketuntasan 21,87% meningkat menjadi rata-rata 74,53 dengan ketuntasan 62,50% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi rata-rata 87,50 dengan ketuntasan 87,50% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran dengan menggunakan media job-sheet dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas X TKR A SMK Muhammadiyah Kutowinangun. |
en_US |