Abstract:
Ekonomi. FKIP. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang positif
dan siginifikan antara penggunaan media sosial dan lingkungan keluarga terhadap
kreativitas berwirausaha siswa kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Muhammadiyah
1 Wonosobo, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama.
Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan
Pemasaran SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo yang berjumlah 70 siswa. Dengan
taraf kesalahan 5% diambil sampel 58 siswa, pengambilan sampel secara random
sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan analisis dokumen. Dan
analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif
Hasil analisis deskriptif menunjukkan presentase tertinggi variabel
penggunaan media sosial berada pada kategori kurang (50%), variabel lingkungan
keluarga berada pada kategori baik (63,79%), dan variabel kreativitas
berwirausaha berada pada kategori tinggi (56,90%). Hasil analisis kuantitatif
menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan
media sosial terhadap kreativitas berwirausaha sebesar 11,20% (r = 0,336, t
=
2,645, sig < 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan
keluarga terhadap kreativitas berwirausaha sebesar 11,30% (r = 0,337, t
=
2,651, sig < 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan
media sosial dan lingkungan keluarga secara simultan terhadap kreativitas
berwirausaha (R = 0,445 dan F
hitung
= 6,788, sig < 0,05) dengan (R)
= 0,198
sumbangan 19,8% sedangkan 80,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak
diteliti. Hipotesis diterima dan dikatakan positif karena F
bernilai positif serta
signifikan karena hasil signifikan <0,05.
hitung
2
hitung
hitung