Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Lingkungan Keluarga terhadap Kreativitas Berwirausaha Siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo

Show simple item record

dc.contributor.author Utomo, Prasetyo Wahyu
dc.date.accessioned 2018-02-01T08:18:57Z
dc.date.available 2018-02-01T08:18:57Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/923
dc.description.abstract Ekonomi. FKIP. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang positif dan siginifikan antara penggunaan media sosial dan lingkungan keluarga terhadap kreativitas berwirausaha siswa kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo yang berjumlah 70 siswa. Dengan taraf kesalahan 5% diambil sampel 58 siswa, pengambilan sampel secara random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan analisis dokumen. Dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif Hasil analisis deskriptif menunjukkan presentase tertinggi variabel penggunaan media sosial berada pada kategori kurang (50%), variabel lingkungan keluarga berada pada kategori baik (63,79%), dan variabel kreativitas berwirausaha berada pada kategori tinggi (56,90%). Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan media sosial terhadap kreativitas berwirausaha sebesar 11,20% (r = 0,336, t = 2,645, sig < 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap kreativitas berwirausaha sebesar 11,30% (r = 0,337, t = 2,651, sig < 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan media sosial dan lingkungan keluarga secara simultan terhadap kreativitas berwirausaha (R = 0,445 dan F hitung = 6,788, sig < 0,05) dengan (R) = 0,198 sumbangan 19,8% sedangkan 80,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Hipotesis diterima dan dikatakan positif karena F bernilai positif serta signifikan karena hasil signifikan <0,05. hitung 2 hitung hitung en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject Media Sosial, Lingkungan Keluarga, Kreativitas Berwirausaha en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Lingkungan Keluarga terhadap Kreativitas Berwirausaha Siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account