Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dengan Pebelajaran Kooperatif Tipe Team Assested Individualization (TAI) pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X4 SMA Negeri 9 Purworejo Tahun 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Astuti, Yeni Asma Budi
dc.date.accessioned 2018-02-01T08:34:21Z
dc.date.available 2018-02-01T08:34:21Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/929
dc.description.abstract Penelitianinidilakukandengantujuan untuk mengetahui (1) apakah melalui strategi Pebelajaran Kooperatif Tipe Team Assested Individualization (TAI) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, (2) apakah melalui strategi Pebelajaran Kooperatif Tipe Team Assested Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus.Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini di lakukan di kelas X SMA Negeri 9 Purworejo dengan populasi 119 siswa. Subjek dalam penelitian ini kelas X4 dengan jumlah 30 Siswa. Instrumen yang di gunakan untuk mengukur hasil belajar berupa tes tertulis dalam bentuk soal uraian, serta lembar observasi untuk mengukur keaktifan siswa dalam menggunakan pembelajaran kooperatif Team Assested Individualization (TAI).Analisis data dalampenelitianinimenggunakananalisispenelitiankualitatif.Datadalampenelitianinidiperol ehdari observasi, tes, dokumenter dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaanstrategi Pebelajaran Kooperatif Tipe Team Assested Individualization (TAI) padamatapelajaranekonomidapatmeningkatkankeaktifan dan hasil belajarsiswakelas X4 SMA Negeri9 Purworejo. Hasil ini didukung dengan data kualitatif yang menunjukkan bahwa rerata presentase keaktifan belajar pada pra siklus sebesar 50,33%, pada siklus I meningkat menjadi 56,33% dan pada siklus II meningkat menjadi 77,33%. Sedangkan rerata persentase hasil belajar ekonomi pada pra siklus sebesar 46,66% (yang mencapai nilai 60), pada siklus I meningkat menjadi 60% dan pada siklus II meningkat menjadi 83,33%. en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject Team Assested Individualization (TAI), Keaktifan siswa, Hasil belajar en_US
dc.title Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dengan Pebelajaran Kooperatif Tipe Team Assested Individualization (TAI) pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X4 SMA Negeri 9 Purworejo Tahun 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account