dc.description.abstract |
Penelitianinidilakukandengantujuan untuk mengetahui (1) apakah
melalui strategi Pebelajaran Kooperatif Tipe Team Assested Individualization
(TAI) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, (2) apakah melalui strategi
Pebelajaran Kooperatif Tipe Team Assested Individualization (TAI) dapat
meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam
dua siklus.Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Penelitian ini di lakukan di kelas X SMA Negeri 9 Purworejo dengan populasi 119 siswa.
Subjek dalam penelitian ini kelas X4 dengan jumlah 30 Siswa. Instrumen yang di
gunakan untuk mengukur hasil belajar berupa tes tertulis dalam bentuk soal uraian, serta
lembar observasi untuk mengukur keaktifan siswa dalam menggunakan pembelajaran
kooperatif Team Assested Individualization (TAI).Analisis data
dalampenelitianinimenggunakananalisispenelitiankualitatif.Datadalampenelitianinidiperol
ehdari observasi, tes, dokumenter dan catatan lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaanstrategi Pebelajaran
Kooperatif Tipe Team Assested Individualization (TAI)
padamatapelajaranekonomidapatmeningkatkankeaktifan dan hasil belajarsiswakelas X4
SMA Negeri9 Purworejo. Hasil ini didukung dengan data kualitatif yang menunjukkan
bahwa rerata presentase keaktifan belajar pada pra siklus sebesar 50,33%, pada siklus I
meningkat menjadi 56,33% dan pada siklus II meningkat menjadi 77,33%. Sedangkan
rerata persentase hasil belajar ekonomi pada pra siklus sebesar 46,66% (yang mencapai
nilai 60), pada siklus I meningkat menjadi 60% dan pada siklus II meningkat menjadi
83,33%. |
en_US |