Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, (1) unsur intrinsik
cerita bersambung Lahar Kali Krasak karya Itheng Sulistyawati (2) nilai moral
cerita bersambung Lahar Kali Krasak karya Itheng Sulistyawati, (3) rencana
pelaksanaan pembelajaran.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data
dalam penelitian ini adalah cerita bersambung Lahar Kali Krasak. Data penelitian
ini berupa nilai moral cerita bersambung Lahar Kali Krasak . Instrumen yang
digunakan adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama, dibantu dengan
menggunakan kartu pencatat data, alat tulis, buku-buku, dan media lain yang
digunakan sebagai acuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik pustaka, teknik simak, dan teknik catat. Data dalam
penelitian ini dianalisis menggunakan analisis konten, kemudian data disajikan
dengan metode informal yaitu berupa uraian dalam bentuk tabel.
Hasil penelitian ini adalah: (1) unsur intrinsik cerita bersambung Lahar
Kali Krasak meliputi: (a) tema: penghianatan dalam kehidupan rumah tangga,
keikhlasan dan melakukan kebaikan terhadap orang lain. (b) Tokoh utama: Pak
Tarlan, Bu Tarlan. Tokoh tambahan: Pak Rohiman, bu Rohiman, Lian, Ari. (c)
Alur: tahap penyituasian, tahap pemunculan konflik, tahap peningkatan konflik,
tahap klimaks, dan tahap penyelesaian. (d) Latar tempat: Rumah Pak Tarlan, TK
Pertiwi Blawuran, Pos penjagaan polisi, Kantor Bayangkari, Tempat parkir,
Halaman rumah Pak Tarlan, Kandang ayam, Belakang rumah Mbah Sastro,
Rumah Om Teddy, Rumah Pak komandan, Dalam Angkutan dan Latar waktu:
pagi hari, siang hari, Sore siang, dan Latar sosial: yang diceritakan dalam cerita
bersambung Lahar Kali Krasak karya Itheng Sulistyawati meliputi status sosial
rendah, status sosial tinggi. (2) Nilai moral dalam cerita bersambung Lahar Kali
Krasak karya Itheng Sulistyawati meliputi: (a) nilai moral hubungan manusia
dengan Tuhannya: ibadah, meminta rejeki kepada yang maha kuasa, berdoa dan
bersyukur. (b) Nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri: Bekerja keras,
Bertanggung Jawab, marah, Rajin, malas, sebal, Taat akan peraturan, rasa ikhlas.
(c) Nilai Moral hubungan Manusia dengan Manusia Lain: Penghianatan
(perselingkuhan) dan Peduli kepada orang lain. (3) unsur intrinsik cerita
bersambung Lahar Kali Krasak karya Itheng Sulistyawati yang telah dianalisis
dapat dimanfaatkan untuk rencana pembelajaran di SMA untuk mencapai
kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator sebagaimana dijelaskan dalam
kurikulum.