Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Apakah ada pengaruh yang positif
dan signifikan baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama antara
prestasi belajar siswa dalam proses belajar pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP
Negeri 24 Purworejo.
Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac
dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 155 siswa di ambil sampel 110
siswa. Pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumen dan metode
angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.
Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel kompetensi guru
berada pada kategori tinggi (53,64%), sedangkan untuk variabel motivasi belajar
berada pada kategori tinggi (52,73%), dan prestasi belajar berada pada kategori
rendah (83,64%). Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh
yang positif dan signifikan antara kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa
terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 24
Purworejo sebesar 9%, (r = 0,300, t
hitung
= 3,258, sig ≤ 0,05 dan (r)
= 0,09). Ada
pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi
belajar siswa sebesar 14%, (r = 0,121, t
hitung
= 1,264, sig ≤ 0,05 dan (r)
= 0,014). Ada
pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi guru dan motivasi belajar
siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa sebesar 13,50% dengan
nilai R = 0,367, koefisien determinasi (R)
2
= 0,135 dan F
= 8,338 dengan sig ≤
0,05 dan sisanya 86,50% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.
hitung
2
2