Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Kompetensi Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 24 Purworejo

Show simple item record

dc.contributor.author Mawaddah, Nur
dc.date.accessioned 2018-02-01T08:37:56Z
dc.date.available 2018-02-01T08:37:56Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/932
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama antara prestasi belajar siswa dalam proses belajar pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 24 Purworejo. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 155 siswa di ambil sampel 110 siswa. Pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumen dan metode angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel kompetensi guru berada pada kategori tinggi (53,64%), sedangkan untuk variabel motivasi belajar berada pada kategori tinggi (52,73%), dan prestasi belajar berada pada kategori rendah (83,64%). Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 24 Purworejo sebesar 9%, (r = 0,300, t hitung = 3,258, sig ≤ 0,05 dan (r) = 0,09). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa sebesar 14%, (r = 0,121, t hitung = 1,264, sig ≤ 0,05 dan (r) = 0,014). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi guru dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa sebesar 13,50% dengan nilai R = 0,367, koefisien determinasi (R) 2 = 0,135 dan F = 8,338 dengan sig ≤ 0,05 dan sisanya 86,50% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti. hitung 2 2 en_US
dc.subject kompetensi guru, motivasi belajar, prestasi belajar en_US
dc.title Pengaruh Kompetensi Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 24 Purworejo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account