Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan
signifikan antara : (1) disiplin terhadap prestasi belajar matapelajaran ekonomi
pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Purworejo. (2) kesiapan terhadap prestasi
belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8
Purworejo. (3) fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi
pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Purworejo. (4) disiplin, kesiapan dan
fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran
ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Purworejo.
Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan
Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 91 siswa diambil sampel 75
siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumen dan metode angket atau
kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis
kuantitatif.
Berdasarkan analisis deskriptif, disiplin belajar memiliki kategori baik 57,33%,
kesiapan belajar memiliki kategori baik 45,33%, fasilitas belajar memiliki
kategori cukup baik 45,33%, prestasi belajar memiliki kategori cukup baik 40%.
Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh positif dan
signifikan antara disiplin terhadap prestasi belajar sebesar 36,96 % (r
= 0,608;
sig ≤ 0,05; t
=6,452); (2) ada pengaruh positif dan signifikan antara kesiapan
terhadap prestasi belajar sebesar 9,18 % (r
hitung
x2.y
= 0,303; sig ≤ 0,05; t
=2,675);
(3) ada pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi
belajar sebesar 29,37 % (r
x3.y
= 0,542; sig ≤ 0,05; t
=5,438); (4) ada pengaruh
positif dan signifikan antara disiplin, kesiapan dan fasilitas belajar secara
bersama-sama terhadap prestasi belajar sebesar 85.80% dan 14,20% dipengaruhi
oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini (R
hitung
x1.y
hitung
= 0,929; F
=
149,804; sig ≤ 0,05), Persamaan regresi yaitu Y = 18,057 + 0,615 X
+
0,657 X
dengan demikian seluruh hipotesis yang diajukan diterima.
3
1
hitung
+ 0,362 X
2