Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Disiplin, Kesiapan dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Hidayah, Sendhy Ikka
dc.date.accessioned 2018-02-01T08:41:32Z
dc.date.available 2018-02-01T08:41:32Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/933
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara : (1) disiplin terhadap prestasi belajar matapelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Purworejo. (2) kesiapan terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Purworejo. (3) fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Purworejo. (4) disiplin, kesiapan dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Purworejo. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 91 siswa diambil sampel 75 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumen dan metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif, disiplin belajar memiliki kategori baik 57,33%, kesiapan belajar memiliki kategori baik 45,33%, fasilitas belajar memiliki kategori cukup baik 45,33%, prestasi belajar memiliki kategori cukup baik 40%. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara disiplin terhadap prestasi belajar sebesar 36,96 % (r = 0,608; sig ≤ 0,05; t =6,452); (2) ada pengaruh positif dan signifikan antara kesiapan terhadap prestasi belajar sebesar 9,18 % (r hitung x2.y = 0,303; sig ≤ 0,05; t =2,675); (3) ada pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar sebesar 29,37 % (r x3.y = 0,542; sig ≤ 0,05; t =5,438); (4) ada pengaruh positif dan signifikan antara disiplin, kesiapan dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sebesar 85.80% dan 14,20% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini (R hitung x1.y hitung = 0,929; F = 149,804; sig ≤ 0,05), Persamaan regresi yaitu Y = 18,057 + 0,615 X + 0,657 X dengan demikian seluruh hipotesis yang diajukan diterima. 3 1 hitung + 0,362 X 2 en_US
dc.subject Disiplin, Kesiapan, Fasilitas, Prestasi Belajar en_US
dc.title Pengaruh Disiplin, Kesiapan dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account