Abstract:
Penelitian ini bertujuan yaitu (1) mendeskripsikan langkah-langkah
pembelajaran menulis aksara Jawa kelas X AK SMK Ma’arif 5 Gombong dengan
metode Think-Talk-write (TTW) melalui Media Teka-teki Silang; dan (2)
mengetahui peningkatan keterampilan siswa kelas X AK SMK Ma’arif 5
Gombong dalam pembelajaran menulis aksara Jawa dengan metode Think-Talkwrite
(TTW) melalui Media Teka-teki Silang.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas X AK SMK Ma’arif 5 Gombong, jumlah siswa
31. Data penelitian ini adalah hasil tes menulis aksara jawa dan langkah-langkah
menulis aksara Jawa dengan metoe Think-Talk-write (TTW) melalui Media Tekateki
Silang. Dari penelitian tersebut terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penlitian ini
adalah pedoman pengamatan, wawancara, penugasan dan dokumentasi. Teknik
analisis data dalam penelitian ini adalah analisis dskriptif kualitatif.
Berdasarkan penelitian ini mennjukan bahwa dengan menggunakan
metode Think-Talk-write (TTW) dan media Teka-teki Silang mampu
meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis aksara Jawa. Penerpan
pembelajaran menulis dengan metode think-talk-write dan media teka-teki silang,
meliputi, (1) langkah-langkah pembelajaran menulis aksara Jawa dengan metode
Think-Talk-write (TTW) melalui Media Teka-teki Silang dilaksanakn dalam II
siklus yang meliputi perencanaan, implementasi tindakan, observasi dan refleksi.
Pada siklus I dan siklus ke II memiliki perbedaan. Perbedaan terletak pada
pembagian kelompok kelompok belajar pada siklus I lebih banyak daripada siklus
ke II. (2) dapat diketahui bahwa metode Think-Talk-write (TTW) melalui Media
Teka-teki Silangdapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa
siswa.Pada tes prasiklus dengan nilai rata-rata 72,45 dan persentase ketuntasan 51,
61%. Rata-rata tersebut belum mencukupi KKM. Dalam siklus I, diperoleh nilai
rata-rata 80,77, dengan persentase ketuntasan 80,64%. Hasil kegiatan dalam siklus
II nilai rata-rata meningkat menjadi 85,16, dengan persentase 93,54% dan sudah
memenuhi KKM. Berdasarkan hasil tersebut, penelitian ini dapat disimpulkan
bahwa, penerapan metode think-takl-write (TTW) dan media teka-teki silang
dapat meningkatkan keterampilan menulis akara Jawa siswa kelas X AK SMK
Ma’arif 5 Gombong tahun ajaran 2016/2017.