Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Melalui Metode Think Talk Write (TTW) dengan Metode Teka-teki Silang pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Ma'arif 5 Gombong Tahun Ajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Widayanti, Mei
dc.date.accessioned 2018-02-01T08:44:35Z
dc.date.available 2018-02-01T08:44:35Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/935
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan yaitu (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menulis aksara Jawa kelas X AK SMK Ma’arif 5 Gombong dengan metode Think-Talk-write (TTW) melalui Media Teka-teki Silang; dan (2) mengetahui peningkatan keterampilan siswa kelas X AK SMK Ma’arif 5 Gombong dalam pembelajaran menulis aksara Jawa dengan metode Think-Talkwrite (TTW) melalui Media Teka-teki Silang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AK SMK Ma’arif 5 Gombong, jumlah siswa 31. Data penelitian ini adalah hasil tes menulis aksara jawa dan langkah-langkah menulis aksara Jawa dengan metoe Think-Talk-write (TTW) melalui Media Tekateki Silang. Dari penelitian tersebut terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penlitian ini adalah pedoman pengamatan, wawancara, penugasan dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis dskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian ini mennjukan bahwa dengan menggunakan metode Think-Talk-write (TTW) dan media Teka-teki Silang mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis aksara Jawa. Penerpan pembelajaran menulis dengan metode think-talk-write dan media teka-teki silang, meliputi, (1) langkah-langkah pembelajaran menulis aksara Jawa dengan metode Think-Talk-write (TTW) melalui Media Teka-teki Silang dilaksanakn dalam II siklus yang meliputi perencanaan, implementasi tindakan, observasi dan refleksi. Pada siklus I dan siklus ke II memiliki perbedaan. Perbedaan terletak pada pembagian kelompok kelompok belajar pada siklus I lebih banyak daripada siklus ke II. (2) dapat diketahui bahwa metode Think-Talk-write (TTW) melalui Media Teka-teki Silangdapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa siswa.Pada tes prasiklus dengan nilai rata-rata 72,45 dan persentase ketuntasan 51, 61%. Rata-rata tersebut belum mencukupi KKM. Dalam siklus I, diperoleh nilai rata-rata 80,77, dengan persentase ketuntasan 80,64%. Hasil kegiatan dalam siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 85,16, dengan persentase 93,54% dan sudah memenuhi KKM. Berdasarkan hasil tersebut, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, penerapan metode think-takl-write (TTW) dan media teka-teki silang dapat meningkatkan keterampilan menulis akara Jawa siswa kelas X AK SMK Ma’arif 5 Gombong tahun ajaran 2016/2017. en_US
dc.publisher PBSJ-FKIP en_US
dc.subject menulis, aksara Jawa, Think-Talk-Write (TTW), Teka-teki Silang en_US
dc.title Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Melalui Metode Think Talk Write (TTW) dengan Metode Teka-teki Silang pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Ma'arif 5 Gombong Tahun Ajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account