Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Apakah ada pengaruh yang
positif dan signifikan baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama
terhadap rasa percaya diri siswa dalam proses belajar pada kelas X IPS di SMA
Negeri 4 Purworejo.
Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh
Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 94 siswa di ambil
sampel 75 siswa. Pengambilan sampel menggunakan metode simple random
sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumen
dan metode angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan
analisis kuantitatif.
Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel iklim kelas
berada pada kategori baik (42,67%), sedangkan untuk variabel lingkungan
keluarga berada pada kategori sangat baik (61,34%), dan rasa percaya diri berada
pada kategori sangat tinggi (66,66%). Berdasarkan analisis kuantitatif
menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara iklim kelas
terhadap rasa percaya diri siswa dalam proses belajar pada kelas X di SMA Negeri
4 Purworejo sebesar 11,60%, (r = 0,342, t
hitung
= 3,091, sig ≤ 0,05). Ada pengaruh
yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap rasa percaya diri
siswa sebesar 37,30%, (r = 0,611, t
hitung
= 6,551, sig ≤ 0,05). Ada pengaruh yang
positif dan signifikan antara iklim kelas dan lingkungan keluarga secara bersamasama
terhadap
rasa
percaya
diri siswa sebesar
39,60%
dengan
nilai
R
=
0,630,
koefisien
determinasi
(R)
2
= 0,396 dan F
hitung
= 23,640 dengan sig ≤ 0,05 dan
sisanya 60,40% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.