Abstract:
Pendidikan Ekonomi. FKIP, Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2017
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
yang positif dan signifikan antara customer relationship marketing terhadap
loyalitas pengunjung, 2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif
dan signifikan antara kepuasan terhadap loyalitas pengunjung, serta 3) untuk
mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara customer
relationship marketing dan kepuasan secara simultan terhadap loyalitas
pengunjung.
Pada penelitian ini yang menjadi populasi yaitu individu yang pernah
berkunjung ke Sumber Adventure Center. Sampel dalam penelitian ini sebanyak
100 orang yang diambil dengan menggunakan teknik judgement sampling.
Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang telah
diujicobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Sedangkan, untuk
menguji hipotesis menggunakan analisis regresi berupa uji t dan uji F.
Hasil uji t menunjukkan bahwa 1) nilai koefisien regresi (b) customer
relationship marketing (X
) sebesar 0,054 dengan nilai signifikansi sebesar 0,027,
sehingga hipotesis yang diajukan yaitu “customer relationship marketing
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pengunjung”, terbukti dan
dapat diterima; 2) nilai koefisien regresi (b) kepuasan (X
1
) sebesar 0,354 dengan
nilai signifikansi sebesar 0,001, sehingga hipotesis yang diajukan yaitu “kepuasan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pengunjung”, terbukti dan
dapat diterima; 3) nilai F sebesar 14,570 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000,
sehingga hipotesis yang diajukan yaitu “customer relationship marketing dan
kepuasan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
pengunjung”, sehingga kesimpulan terbukti dan dapat diterima. Besarnya
pengaruh customer relationship marketing dan kepuasan secara simultan terhadap
loyalitas sebesar 21,5%, sisanya 78,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak
dibahas pada penelitian ini.
2