Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah
pembelajaran menulis pengalaman pribadi kelas VII G MTs Negeri Loano dengan
menggunakan metode Think Talk Write (TTW). (2) Untuk mengetahui peningkatan
prestasi siswa kelas VII G MTs Negeri Loano dalam pembelajaran menulis
pengalaman pribadi setelah menggunakan Metode Think Talk Write (TTW).
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Model yang
digunakan dari Suharsimi Arikunto. Sumber data dalam penelitian ini Siswa Kelas
VII G MTs Negeri Loano. Jumlah siswa 38 orang dengan rincian siswa laki-laki
berjumlah 18 dan siswa perempuan 20. Data dalam penelitian ini adalah hasil tes
kemampuan menulis pengalaman pribadi dan langkah-langkah menulis pengalam
pribadi dengan menggunakan metode Think Talk Write (TTW). Instrumen yang
digunakan adalah soal tes, lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik
analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pedoman pengamatan, wawancara,
penugasan, dan dokumentasi.
Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran
menulis pengalaman pribadi dengan menggunakan metode Think Talk Write (TTW)
dilaksanakan dalam II siklus yang meliputi perencanaan, implementasi tindakan,
pemantauan dan refleksi. (2) Peningkatan prestasi menulis pengalaman pribadi siswa
pada siklus I nilai rata-ratanya 74,07 telah mengalami peningkatan sebesar 57,90%
dari nilai rata-rata prasiklus 66,44, pada siklus II nilai rata-rata 78,70 siswa
mengalami peningkatan dalam menulis pengalaman pribadi sebesar 94,73%. Hal ini
menunjukkan bahwa pembelajaran menulis pengalaman pribadi dengan
menggunakan Metode Think Talk Write (TTW).