Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Keterampilan Menulis Pengalaman Pribadi Menggunakan Metode Think Talk Write (TTW) pada Siswa Kelas VII G MTs Negeri Loano Tahun Ajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Setiyana, Tika
dc.date.accessioned 2018-02-01T08:50:56Z
dc.date.available 2018-02-01T08:50:56Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/941
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menulis pengalaman pribadi kelas VII G MTs Negeri Loano dengan menggunakan metode Think Talk Write (TTW). (2) Untuk mengetahui peningkatan prestasi siswa kelas VII G MTs Negeri Loano dalam pembelajaran menulis pengalaman pribadi setelah menggunakan Metode Think Talk Write (TTW). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Model yang digunakan dari Suharsimi Arikunto. Sumber data dalam penelitian ini Siswa Kelas VII G MTs Negeri Loano. Jumlah siswa 38 orang dengan rincian siswa laki-laki berjumlah 18 dan siswa perempuan 20. Data dalam penelitian ini adalah hasil tes kemampuan menulis pengalaman pribadi dan langkah-langkah menulis pengalam pribadi dengan menggunakan metode Think Talk Write (TTW). Instrumen yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pedoman pengamatan, wawancara, penugasan, dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran menulis pengalaman pribadi dengan menggunakan metode Think Talk Write (TTW) dilaksanakan dalam II siklus yang meliputi perencanaan, implementasi tindakan, pemantauan dan refleksi. (2) Peningkatan prestasi menulis pengalaman pribadi siswa pada siklus I nilai rata-ratanya 74,07 telah mengalami peningkatan sebesar 57,90% dari nilai rata-rata prasiklus 66,44, pada siklus II nilai rata-rata 78,70 siswa mengalami peningkatan dalam menulis pengalaman pribadi sebesar 94,73%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis pengalaman pribadi dengan menggunakan Metode Think Talk Write (TTW). en_US
dc.publisher PBSJ-FKIP en_US
dc.subject menulis, pengalaman pribadi, Think-Talk-Write (TTW) en_US
dc.title Peningkatan Keterampilan Menulis Pengalaman Pribadi Menggunakan Metode Think Talk Write (TTW) pada Siswa Kelas VII G MTs Negeri Loano Tahun Ajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account