Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Nilai Pendidikan Moral dalam Novel Sang Pangeran Pati

Show simple item record

dc.contributor.author Istianingrum, Wida
dc.date.accessioned 2018-02-01T08:54:22Z
dc.date.available 2018-02-01T08:54:22Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/942
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Sang Pangeran Pati; dan (2) nilai pendidikan moral yang terdapat dalam Sang Pangeran Pati. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Sang Pangeran Pati karya Fitri Gunawan. Data penelitian ini berupa kutipan-kutipan dari dalam novel Sang Pangeran Pati karya Fitri Gunawan. Dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi, pustaka, simak catat dan terjemahan. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri, kartu pencacat data, bolpoin, pensil dan buku-buku yang relevan yang mendukung sebagai acuan. Dalam keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data digunakan “content analysis” atau analisis isi. Dalam penyajian hasil analisis digunakan metode informal. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Sang Pangeran Pati karya Fitri Gunawan terdiri dari: (a) tema dalam novel Sang Pangeran Pati karya Fitri Gunawan adalah perjalanan karier dan cinta Suryo Baskoro, (b) tokoh utamanya: Suryo Baskara dengan karakter tampan, rajin dan rapi, muda, pandai, sopan, rendah hati dan bertanggung jawab, perhatian dan suka menasihati, baik hati dan dermawan, pemaaf dan sabar, setia, dan pemberani dan teguh pendirian; tokoh tambahannya: Prihastuti Kusumo dengan karakter rajin, cantik dan pekerja keras, ramah dan murah senyum; Sri Wahyuni dengan karakter sopan dan ramah, rajin, pandai; Basuki Wibowo dengan karakter kurang sopan, suka bercanda, penyayang dan rela berkorban; Rudi Hamonangan dengan karakter sopan, jujur dan lugu, perhatian; Aryo Guritno dengan karakter ambisius, suka bercanda; Murdanu dengan karakter ramah dan murah senyum, sombong, pelit; Surtikanthi dengan karakter pemberani, tanggung jawab, tegas dan teguh pendirian, jujur dan bersih; Broto Kusumo dengan karakter pekerja keras, perhatian; Wisnumurti Kusumo dengan karakter bijaksana, ramah dan murah senyum, (c) alur: alur maju, (d) latar tempat meliputi: Kantor pusat koran Cahaya Kita, Ruang Redaksi, Kantor Wilayah Departemen Mardi Putra, Kantin dharma wanodya, Surabaya, Toko atau showroom mobil, Teras rumah sakit, Pamekasan dan Michigan, Amerika Serikat; latar waktu meliputi: siang, pagi, hari jumat, sore, hari Minggu dan malam; dan latar suasana meliputi: masyarakat kota yang sadar akan pentingnya pendidikan, persaingan bisnis di dunia pres/pemberitaan yang tidak sehat, masyarakat kota yang materialistis dan erat dengan budaya KKN, dan masyarakat perkotaan yang egois, individualistis, serta ambisius dan akan melakukan apa saja untuk mewujudkan ambisinya, (e) sudut pandang yang digunakan adalah orang ketiga “dia” serba tahu; (2) nilai moral terdiri dari nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri meliputi: rendah hati, rajin, pekerja keras, pandai, pemberani, jujur dan bersih, sabar serta ikhlas; nilai moral hubungan manusia dengan sesama manusia dalam lingkup sosial dan dengan lingkungan alam meliputi: ramah dan murah senyum, sopan santun, rela berkorban, jujur kepada orang tua, suka bercanda kepada sahabat, dermawan, setia kepada pasangan, perhatian kepada sesama, bijaksana kepada bawahannya dan membalas budi kebaikan orang lain; nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan meliputi: percaya adanya Tuhan, bersyukur dan berdoa. en_US
dc.publisher PBSJ-FKIP en_US
dc.subject nilai pendidikan moral, novel, Sang Pangeran Pati. en_US
dc.title Nilai Pendidikan Moral dalam Novel Sang Pangeran Pati en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account