Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan(1) untuk mengetahui apakah
melalui strategi pembelajaran STAD (Student Teams Achivement Divisions) dapat
meningkatkan Soft Skill siswa, (2) untuk mengetahui apakah melalui strategi
pembelajaran STAD (Student Teams Achivement Divisions) dapat meningkatkan
prestasi belajar Kewirausahaan siswa.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TP
(Teknik Permesinan) C SMK TKM Purworejo, dengan jumlah 33 siswa. Objek
penelitian ini adalah peningkatan Soft Skill dan prestasi belajar Kewirausahaan
dengan menggunakan strategi pembelajaran Student Teams Achivement
Divisions. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis penelitian
kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, tes, dokumenter dan
catatan lapangan.
Penggunaan strategi pembelajaran Student Teams Achivement Divisions
pada mata pelajaran Kewirausahaan dapat meningkatkan Soft Skill dan prestasi
belajar siswa kelas X TP C SMK TKM Purworejo. Hasil ini didukung data
kualitatif yang menunjukkan bahwa rerata presentase Soft Skill siswa pada pra
siklus sebesar 64,30%, pada siklus I meningkat menjadi 67,24% dan pada siklus
II meningkat menjadi 71,42%. Sedangkan rerata persentase prestasi belajar
ekonomi pada pra siklus sebesar 12,12% (yang mencapai nilai 75), pada siklus I
meningkat menjadi 48,48% dan pada siklus II meningkat menjadi 96,97%.