Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achivement Divisions) dalam meningkatkan Soft Skill dan Prestasi belajar mata diklat kewirausahaan di SMK TKM Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Alfarizi, Fazrul Rahman
dc.date.accessioned 2018-02-01T09:00:32Z
dc.date.available 2018-02-01T09:00:32Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/945
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan dengan tujuan(1) untuk mengetahui apakah melalui strategi pembelajaran STAD (Student Teams Achivement Divisions) dapat meningkatkan Soft Skill siswa, (2) untuk mengetahui apakah melalui strategi pembelajaran STAD (Student Teams Achivement Divisions) dapat meningkatkan prestasi belajar Kewirausahaan siswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TP (Teknik Permesinan) C SMK TKM Purworejo, dengan jumlah 33 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan Soft Skill dan prestasi belajar Kewirausahaan dengan menggunakan strategi pembelajaran Student Teams Achivement Divisions. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, tes, dokumenter dan catatan lapangan. Penggunaan strategi pembelajaran Student Teams Achivement Divisions pada mata pelajaran Kewirausahaan dapat meningkatkan Soft Skill dan prestasi belajar siswa kelas X TP C SMK TKM Purworejo. Hasil ini didukung data kualitatif yang menunjukkan bahwa rerata presentase Soft Skill siswa pada pra siklus sebesar 64,30%, pada siklus I meningkat menjadi 67,24% dan pada siklus II meningkat menjadi 71,42%. Sedangkan rerata persentase prestasi belajar ekonomi pada pra siklus sebesar 12,12% (yang mencapai nilai 75), pada siklus I meningkat menjadi 48,48% dan pada siklus II meningkat menjadi 96,97%. en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject Student Teams Achivement Divisions, Soft Skill, dan Prestasi Belajar en_US
dc.title Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achivement Divisions) dalam meningkatkan Soft Skill dan Prestasi belajar mata diklat kewirausahaan di SMK TKM Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account