Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah ada hubungan kondisi
edukatif guru yang berupa: jenjang pendidikan, pengalaman mengajar dan
pelatihan yang diikuti terhadap kemampuan pengelolaan kelas oleh guru SMK
Negeri 1 Rembang tahun pelajaran 2016/2017 .
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Rembang. Subjek dalam
penelitian ini adalah guru yang mengajar dikelas X jurusan Teknik Kendaraan
Ringan SMK Negeri 1 Rembang dengan jumlah 12 guru. Teknik pengumpulan
data menggunakan dokumentasi dan angket. Dokumentasi digunakan untuk
mencari data kondisi edukatif guru yang berupa jenjang pendidikan, pengalaman
mengajar dan pelatihan yang diikuti, sedangkan angket diberikan ke siswa untuk
mengetahui kemampuan pengelolaan kelas oleh tiap- tiap guru. Penelitian ini
menggunakan teknik product moment.
Berdasarkan hasil penelitian, Kondisi edukatif guru dalam penelitian ini
mempunyai hubungan dengan penguasaan atau pengelolaan kelas. Hal ini
dibuktikan dengan hasil uji hipotesis menggunakan teknik product moment
diperoleh nilai r hitung sebesar 0,648 dan r tabel pada taraf signifikansi 5 %
dengan N = 20 sebesar 0,444 , r hitung lebih besar dari pada r tabel.
Dengan demikian hipotesis kerja yang menyatakan ada hubungan kondisi
edukatif guru dengan penguasaan kelas di SMK Negeri 1 Rembang dapat